Informasi dan pengetahuan dari SDN Potoan Laok 1 Palengaan Pamekasan

Ciri-ciri Ikan Tidur

Ikan juga perlu tidur, hanya saja kita tidak tahu bahwa kapan ikan tidur karena mata ikan selalu termuka. Setidaknya ada empat ciri-ciri yang menandakan bahwa ikan sedang tidur

Ciri-ciri Ikan Tidur

Ciri-ciri Ikan Tidur

1. Tidak aktif untuk waktu yang lama.

Umumnya jika ikan sedang tidur akan terdiam dan tidak melakukan aktivitas apapun misalnya bergerak ke sana-sini. Namun ikan perlu terus bergerak untuk menjaga aliran air yang konstan bergerak melewati insang untuk mempertahankan tingkat oksigen yang tepat dalam tubuhnya.

2. Postur istirahat.

Ikan tidur dengan berbagai cara, seperti melayang dengan gerakan ekor atau sirip sesekali untuk menjaga kestabilan di permukaan atau dasar air. Beberapa ikan tidur di sela-sela batu karang atau gua. Beberapa ikan bahkan membuat “sarang” di pasir.

3. Suatu rutinitas (tidur pada waktu yang sama, dengan cara yang sama).

Pola tidur-bangun ikan sangat mirip dengan kita, bisa tidur kapan saja di siang atau malam hari. Jika ikan aktif di siang hari maka menjadi diam dan tidak responsif di malam hari, dan sebaliknya. Kapan ikan tidur benar-benar tergantung pada lingkungan mereka dan jenis spesies mereka. Misalnya, ikan yang hidup di dekat terumbu karang cenderung tetap aktif di siang hari dan beristirahat di malam hari untuk menghindari predator.

Selain itu, Ikan bisa bolak-balik antara tidur siang dan malam hari tergantung pada faktor-faktor seperti keberadaan predator, suhu air, dan ketersediaan makanan.

4. Menurunnya sensitivitas terhadap stimulus eksternal.

Sebagian besar ikan memiliki periode istirahat teratur sehingga ikan menjadi kurang aktif, kurang responsif terhadap rangsangan, dan metabolisme melambat saat tidur. Namun ikan cenderung tetap waspada terhadap bahaya bahkan saat tidur, sehingga dapat melarikan diri dengan cepat jika merasa terancam.



Ciri-ciri Ikan Tidur

Konservasi Mangrove Karangsong

Kawasan Pantai Desa Karangsong dikenal sebagai Pusat Ekosistem Mangrove Karangsong dan menghadirkan berbagai kegiatan yang dapat dinikmati oleh masyarakat.

Konservasi Mangrove Karangsong


Beberapa kegiatan yang bisa diikuti oleh masyarakat Indramayu adalah menanam mangrove, workshop mangrove, kelas kuliner, hingga panggung hiburan dan bazar.

Selain itu masyarakat luar Indramayu juga dapat merasakan pengalaman berkeliling kawasan wahana Ekowisata Mangrove ini.

Sejak dibuka pada tahun 2015, lebih dari 50.000 wisatawan telah mengunjungi kawasan Ekowisata Mangrove Karangsong.

Dengan banyaknya wisatawan yang berkunjung, Juga semakin menggerakkan roda perekonomian masyarakat sekitar yang juga berpengaruh positif pada peningkatan pendapatan masyarakat sekitar desa wisata

Terpilihnya Indramayu sebagai Mangrove Center di Jawa Barat, diharapkan dapat menunjukkan potensi Indramayu ke masyarakat luas.

Indramayu memiliki berbagai seni budaya, kuliner, dan sentra industri yang masih dapat diangkat dan diperkenalkan. 

Dengan adanya Ekowisata Mangrove, Indramayu dapat melestarikan seni dan kebudayaannya. Nilai tambah ekonomi langsung yang dirasakan masyarakat. 

Ke depan, kesadaran masyarakat Indonesia terhadap ekowisata seperti ini juga perlu ditingkatkan untuk menggerakkan perekonomian daerah secara optimal.

Sumber: https://www.kanalpengetahuan.com/dampak-konservasi-mangrove-bagi-perekonomian-masyarakat

Stimuno Untuk Imun Anak Sekolah Dasar

Usia anak yang ada di sekolah dasar umumnya antara 7 - 12 tahun. Pada usia tersebut sistem kekebalan tubuh atau sistem imun anak mempunyai peranan yang penting dalam menjaga kesehatan tubuh.

Stimuno Untuk Imun Anak Sekolah Dasar


Sistem imun ini terdiri dari sel dan zat yang dihasilkan oleh tubuh, keduanya bekerja secara kolektif untuk melawan zat asing yang masuk ke dalam tubuh serta memberikan perlindungan dari pengaruh luar seperti infeksi kuman, bakteri dan virus.

Jika sistem ini lemah maka kuman, virus maupun bakteri dapat masuk dan berkembang sehingga anak rentan terkena penyakit. Ujung-ujungnya sakit dan tidak dapat masuk sekolah.

Oleh sebab itu, mengapa di SDN Potoan Laok 1 sering diadakan imunisasi oleh dinas terkait sehubungan dengan sistem kekebalan tubuh pada siswa.

Meskipun pihak pemerintah melalui sekolah telah melaksanakan pencegahan penyakit dengan imunisasi, namun orang tua perlu untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh pada anak.

Misalkan dengan memberikan asupan makanan yang berguna untuk meningkatkan imunitas seperti susu kedelai, ikan, telur, madu, sayuran dan buah-buahan. Atau dengan memberi stimuno untuk balita dan anak dengan bentuk sirup yang mudah dikonsumsi.

Sekedar informasi, Stimuno merupakan produk PT Dexa Medica yang sudah banyak digunakan oleh kaum ibu untuk membantu sistem imun tubuh anak agar dapat lebih aktif bekerja serta merangsang produksi antibodi lebih banyak sehingga kekebalan tubuh akan menjadi lebih kuat.

Mengutip dari situs padamu.net bahwa Stimuno merupakan fitofarmaka dengan bahan baku utama adalah tumbuhan meniran (Phyllanthus niruri) yang merupakan tanaman tahunan asli Indonesia.

Fitofarmaka adalah obat yang telah memenuhi persyaratan aman, klaim khasiat berdasarkan uji klinik (diterapkan pada manusia) telah dilakukan standardisasi terhadap bahan baku yang dipergunakan dan memenuhi persyaratan mutu yang berlaku.

Karena telah melewati berbagai uji fitofarmaka maka stimuno untuk balita ini tidak termasuk kategori jamu biasa tetapi statusnya sama dengan obat konvensional yang sering diresepkan dokter. Karena bisa diresepkan dokter, maka jamu tersebut dapat digolongkan sebagai obat dan bisa disediakan di apotek dan rumah sakit.

Selain itu, orang tua dapat mengatur waktu istirahat anak dengan cukup karena porsi tidur anak sehat dengan usia 3-12 tahun mencapai 10 jam setiap harinya.


Stimuno Untuk Imun Anak Sekolah Dasar

Gaji Guru Pada Masa Hindia Belanda

Ingin tahu berapa gaji guru pada masa Hindia Belanda atau masa kolonial?

Gaji Guru Pada Masa Hindia Belanda


Pada masa Hindia Belanda, Departement van Onderwijs en Eredienst (Departemen Pendidikan dan Agama) merupakan lembaga yang bertanggung jawab untuk menangani dan membuat ketentuan gaji guru-guru pribumi berdasarkan atas ijazahnya.

Gaji Guru Pribumi Pada Masa Hindia Belanda


Untuk lulusan Guru Sekolah Desa, gaji permulaan sebesar f. 7,50 per bulan. Pemerintah Hindia Belanda sendiri menetapkan penghasilan mereka minimal f. 15,- maksimal f. 20-25,- per bulan, hal itu disebabkan mereka bukanlah pegawai pemerintah.

Untuk menutupi kekurangan gaji tersebut dapat diambil dari kas desa, tetapi jika kas tidak mampu membayar dengan uang, dapat diganti dengan tanah bengkok guru desa, yaitu berupa tanah sawah atau tanah garapan dengan luas tertentu.

Normaalschool yang melahirkan guru sekolah kelas dua mendapat gaji sekitar f. 30,- sampai f. 45,- per bulan.

Sementara itu guru-guru lulusan Kweekschool yang biasanya ditempatkan sebagai Kepala Sekolah Kelas Dua, Sekolah Kelas Satu atau guru Sekolah Kelas Satu, menerima gaji sekitar f. 75,- sampai f. 150,- per bulan.

Dibandingkan dengan guru-guru Sekolah Desa, Guru Bantu Kelas Dua dan Normaalschool, lulusan Kweekschool lebih dihargai oleh pemerintah. Hal itu wajar karena kecakapan dan pendidikannya lebih tinggi ditambah dengan kemampuan dalam bahasa Belanda.

Pendapatan gaji untuk jenis guru lainnya, seperti tamatan Hogere Kweekschool (HKS) atau Hollands Inlands Kweekschool (HIK) adalah sebesar f. 70,- sampai f. 250,- per bulan, Europese Kweekschool f. 125,- per bulan, dan tamatan Hoofdacte sebesar f. 130,- per bulan.[17]

Berdasarkan pendapatan atau gaji yang diterima oleh guru-guru bumiputera dan guru-guru yang berkebangsaan Eropa, terlihat gaji guru-guru bumiputra jauh di bawah gaji guru-guru Eropa.

Seorang guru kebangsaan Eropa dapat menerima gaji di atas f. 100,- per bulan, sementara gaji yang diterima seorang guru bumiputra lulusan Kweekschool adalah f. 75,- per bulan.[18]

Perbedaan gaji tidak hanya antara guru-guru bumiputera dan guru-guru berkebangsaan Eropa, tetapi juga di antara guru-guru bumiputera terdapat perbedaan.

Sejak tahun 1878, lulusan Kweekschool menerima gaji di atas f. 75,- sampai 150,- per bulan. Guru-guru bantu Sekolah Kelas Dua mendapat gaji sekitar f. 20,- sampai f. 30,- per bulan. Jika disesuaikan dengan kenaikkan harga-harga barang kebutuhan hidup, gaji tersebut tidak mencukupi kebutuhan hidup.

Keadaan itu dijadikan dasar untuk menuntut kenaikkan gaji. Pada tahun 1914 pemerintah menaikkan gaji guru-guru bantu dan gaji guru Sekolah Kelas Dua sebesar f. 5,-, tetapi kenaikkan tersebut belum cukup memuaskan mereka.

Catatan: Sekolah-sekolah guru pada masa kolonial adalah:
  • Normaalschool, yaitu sekolah guru dengan lama pendidikan 4 tahun dan menerima lulusan dari sekolah Vervolg atau Sekolah Kelas II.
  • Hogere Kweekschool (HKS) yaitu sekolah guru dengan lama belajar 3 tahun
  • Hollands Inlandsche Kweekschool (HIK) untuk menggantikan HKS dengan lama pendidikan 6 tahun
  • Hollands Chinese Kweekschool (HCK) yaitu sekolah guru Cina yang sederajat dengan HIK
  • Kursus Hoofdakte.
Sumber: Guru Pada Masa Pemerintahan Hindia Belanda


Gaji Guru Pada Masa Hindia Belanda

Branding Perusahaan

Pengertian branding perusahaan adalah sebuah usaha komunikasi yang disusun dan direncanakan dengan baik oleh perusahaan untuk membangun dan membesarkan brand (merek).

Branding Perusahaan


Branding dianggap sebagai aset perusahaan yang paling berharga dan salah satu hal penting dalam sebuah bisnis karena tidak dapat dibangun dalam jangka waktu yang singkat.

Dalam melakukan branding, peran humas perusahaan, lebih dominan dalam usaha untuk membangun dan mempertahankan reputasi, citra brand melalui komunikasi hubungan masyarakat yang baik dan bermanfaat antara perusahaan dan konsumen.

Branding bukan saja untuk masalah bagaimana produk perusahaan dipilih dan dibeli masyarakat, melainkan ke arah bagaimana konsumen dapat puas sehingga menjadi pelanggan setia dengan melihat perusahaan tersebut satu-satunya yang terbaik yang mampu memberikan solusi kepada mereka.

Unsur terpenting branding adalah kejelasan, konsisten dan konstan dalam melakukan tujuan yang sangat luas, seperti:
  • mampu menyampaikan pesan dengan jelas visi dan misi perusahaan
  • mampu membangun kredibilitas perusahaan di publik.
  • mampu menghubungkan target perusahaan dengan konsumen secara emosional
  • mampu menggerakkan atau memotivasi konsumen untuk menciptakan kesetiaan pelanggan

Kepala Sekolah Sebagai Pemimpin

Kepala sekolah akan berhasil apabila memahami keberadaan sekolah sebagai organisasi yang kompleks dan unik serta mampu melaksanakan peranan sekolah sebagai seorang yang bertanggung jawab untuk memimpin sekolah. 

Kepala Sekolah Sebagai Pemimpin


Kepala sekolah haruslah memahami dan menguasai peranan organisasi dan hubungan kerja sama antara individu yang ada dalam lingkup sekolah yang ujungnya untuk keberhasilan sekolah dalam mencapai tujuannya. Di sinilah peran kepala sekolah sebagai leader (pemimpin) harus membuktikan kepemimpinannya. 

Kepala sekolah sebagai pemimpin mempunyai tugas yang sangat berpengaruh terhadap keberhasilan sekolah (lembaga) yaitu membantu guru dalam mengembangkan daya kesanggupannya, dapat menciptakan iklim organisasi lembaga yang sangat menyenangkan, dan mendorong guru, siswa, serta orang tua siswa agar dapat menyatukan tekad dan kehendak untuk bertindak dalam kegiatan-kegiatan bersama secara efektif demi tercapainya maksud-maksud sekolah (lembaga).

Mengelola organisasi berarti mengelola sumber daya manusianya, karena diperlukan sekali prinsip-prinsip atau pun teori-teori, baik mengenai manajemen (management) maupun kepemimpinan (leadership).

Untuk dapat memahami prinsip atau pun teori mengenai manajemen dan kepemimpinan diperlukan Kecerdasan Intelektual (Inteligence Quotient).

Sedang mengelola sebuah organisasi sama juga seperti mengelola kehidupan para anggotanya beserta kegiatannya yang tentunya tidak pernah lepas dari adanya masalah akibat dari adanya kedinamisan yang selalu terjadi di dalam setiap organisasi, apalagi sifat manusia selalu berkaitan dengan emosi. 

Manajemen berbasis sekolah (MBS) 


Peranan kepala sekolah sangat berpengaruh dalam mengenali kebutuhan dan kemampuan yang ada dalam sekolah. Dalam keadaan inilah kerangka school-based management atau manajemen berbasis sekolah (MBS) tampil sebagai paradigma baru manajemen dan pembangunan pendidikan yang berorientasi pada kebutuhan sekolah.

Manajemen berbasis sekolah (MBS) secara konseptual dapat digambarkan sebagai suatu perubahan formal struktur penyelengaraan, sebagai suatu bentuk desentralisasi yang mengidentifikasi sekolah itu sendiri sebagai unit utama peningkatan serta bertumpu pada redistribusi kewenangan pembuatan keputusan sebagai sarana penting yang dengannya peningkatan dapat didorong dan ditopang.


Kepala Sekolah Sebagai Pemimpin 

Unsur-unsur Perusak Bahan Makanan

Dalam bahan makanan, faktor pencegahan kerusakan merupakan faktor paling utama yang harus didahulukan. Oleh karenanya perlu diketahui berbagai unsur-unsur perusak yang menyebabkan bahan makanan tersebut rusak.
Unsur-unsur Perusak Bahan Makanan

Pengertian Unsur Perusak Bahan Makanan


Unsur perusak ialah semua unsur, apa pun adanya, bila:
  • Memang dapat merusak komponen produknya.
  • Dapat merusak bila ada unsur lain.
  • Dapat merusak bila bersama-sama dengan unsur lain.
  • Atau justru unsur tersebut yang dirusak oleh unsur lain.
  • Atau unsur sendiri rusak karena unsur waktu.
Apabila unsur tersebut dapat berakibat pada penurunan mutu produknya, maka kesemuanya itu disebut unsur perusak.

Unsur perusak menurut jenisnya dapat dibagi-bagi sebagai berikut:

1. Unsur perusak yang berasal dari alam.
  • Sinar matahari, terutama komponen sinar ultravioletnya.
  • Panasnya suhu udara.
  • Gas-gas yang ada dalam udara, terutama gas oksigen.
  • Kelembapan udara.
  • Tekanan udara, terutama penurunan tekanan.
  • Debu, air, terutama air laut.
2. Unsur perusak dari mikroba.
  • Bakteri.
  • Ragi/kapang/jamur, dan sebagainya.
3. Unsur perusak dari produknya sendiri.
  • Reaksi kimia yang belum berhenti.
  • Reaksi biokimia yang belum berhenti.
  • Reaksi alamiah produknya sendiri.
4. Unsur perusak dari binatang.
  • Ngengat, serangga, tikus, dan lainnya.
5. Unsur perusak dari gaya mekanis.
  • Tekanan, desakan, hempasan, bantingan, gesekan, getaran, puntiran, tusukan, dan sebagainya.
Sumber: Fungsi Utama Kemasan Bahan Makanan


Unsur-unsur Perusak Bahan Makanan

Agar Kafe Dibanjiri Pengunjung

Berikut ini 5 tips agar kafe ramai pengunjung.

Agar Kafe Dibanjiri Pengunjung


1. Ciptakan Suasana dan Menu Unik

Maraknya kafe yang bermunculan mengharuskan pemilik kafe berani dan kreatif untuk menciptakan suasana kafe yang unik. Selain itu, menu yang ditawarkan memiliki keunikan yang hanya bisa didapatkan di kafe Anda, baik itu dari penampilan maupun rasa.

2. Pelayanan 3S (Senyum, Salam, Sapa)

Kafe umumnya bukan sebagai tempat makan namun sebagai tempat ngobrol, bersantai, pertemuan dan sebagainya. Untuk itu, segenap karyawan diharuskan memberi pelayanan prima ketika melayani pelanggan yang datang ke kafe. Patikan 3S (Senyum, Salam, Sapa) diberikan kepada pelanggan yang datang sebagai bukti bahwa keramahan menjadi point plus dari kafe Anda.

3. Promosikan Kafe ke Komunitas Tertentu

Komunitas-komunitas seperti klub sepeda, pencinta alam, persamaan hobi dan lain sebagainya merupakan calon pelanggan potensial. Umumnya komunitas memiliki banyak anggota dan mengadakan pertemuan rutin.

4. Promosi dari Mulut ke Mulut

Meskipun promosi ini bisa dianggap kuno, namun masih sangat ampuh, apalagi promosi macam ini dapat dilakukan melalui percakapan telepon yang bisa menjangkau jarak yang lebih jauh (tidak harus face to face). Keunikan lokasi, variasi menu, harga terjangkau, pelayanan prima yang dimiliki sebuah kafe tentu akan diteruskan ke kerabat atau rekan mereka. Promosi yang cukup efektif dan tanpa modal.

5. Promosi di Media Sosial

Saat ini media sosial sudah seperti kebutuhan sehari-hari. Sepertinya orang setiap saat membuka situs-situs medsos. Untuk memaksimalkan jangkauan sekaligus meminimalisir pengeluaran biaya pemasaran, promosi melalui media sosial terbilang cukup efektif.


Agar Kafe Dibanjiri Pengunjung

Label